Proses Komunikasi Dalam Jaringan Komputer Dan Telepon


Proses Komunikasi Pada Jaringan Telepon

A. Cara Kerja Jaringan Telepon Kabel
Telepon kabel menggunakan sistem wireline. sehingga membutuhkan kabel supaya dapat berfungsi.
Cara kerja telepon kabel antara lain :
Suara dari pengirim diterima oleh alat yang disebut microphone,Microphone mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik kemudian disalurkan oleh perangkat telepon Sinyal tersebut disalurkan melalui kabel ke pusat telekomunikasi,dari pusat telekomunikasi tersebut diteruskan kepada penerima setelah sampai ke penerima,maka sinyal akan diubah lagi menjadi Gelombang suara oleh alat yang disebut Speaker.
Hasil gambar untuk cara kerja telepon kabel


B.Cara Kerja Jaringan Telepon Seluler

Telepon seluler menggunakan sistem wireless. pengirim dan penerima harus tetap tercakup BTS (Base Transceiver Station).BTS adalah peralatan yang memfasilitasi komunikasi secara Wireless antara pengguna telepon Seluler.Cara kerja telepon Seluler Antara lain
  1. Suara dari pengirim diterima oleh alat yang disebut microphone
  2. Microphone mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik dan kemudian dipancarkan oleh ponsel ke bts terdekat
  3. Sinyal tersebut diterima oleh bts dan sinyal tersebut diteruskan ke pusat telekomunikasi
  4. Dari pusat telekomunikasi sinyal diteruskan kepada bts terdekat kemudian diteruskan ke si penerima
  5. Setelah sampai kepada penerima , maka sinyal tersebut diubah lagi menjadi gelombang suara oleh alat yang disebut speaker
Hasil gambar untuk cara kerja telepon kabel
Sumber : http://nilnahima.blogspot.com/2016/08/pengertian-komunikasi-pada-jaringan.html

Pengertian Komunikasi Pada Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (Service).Pihak yang menerima/meminta layanan disebut klien (Client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut Server.Untuk membuat jaringan yang lebih luas dibutuhkan alat tambahan seperti HUB,Switch,Router,Gateway sebagai alat interkoneksinya.Bisa diliat pada gambar dibawah ini.  
Hasil gambar untuk contoh komunikasi jaringan dalam komputer

Tujuan dan Manfaat Jaringan Komputer



  • Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah agar pengelolaan data dan informasi perusahaan dapat berjalan lebih efisien
  • Agar data/informasi yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat.
  • Untuk mempermudah pekerjaan.
  • Agar kelompok kerja dapat berkomunikasi dengan lebih baik.
  • Untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer sehingga dapat diperoleh suatu data yang relevan. Jaringan komputer memungkinkan penggunanya dapat melakukan komunikasi satu sama lain dengan mudah.


  • Cara Kerja Jaringan Komputer 


    Cara kerja dari sebuah jaringan tentu tak terlepas dari perangkat server yang memiliki tugas dan tanggapan dan tanggung jawab untuk menyimpan, mengelola data, membagikan informasi ke komputer client.Namun sebelum komputer server melakukan Respon dengan mengirimkan data,terlebih dahulu komputer client melakukan request akan kebutuhan informasi maupun data yang diperlukan.data maupun informasi tersebutlah yang nantinya akan dikirim dengan menggunakan sebuah jaringan komputer baik menggunakan kabel maupun nirkabel.

    Macam-Macam Jaringan Komputer

    1.Berdasarkan Distribusi sumber informasi/data
    • Jaringan terpusat

    Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server
    • Jaringan terdistribusi

    Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.

    2. Berdasarkan Jangkauan Geografis Menjadi :

    • Jaringan LAN
    merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorim,warnet,kantor,dsb
    Hasil gambar untuk jaringan lan


    • Jaringan MAN
    Hasil gambar untuk jaringan man


    Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet
    •  Jaringan WAN
    Hasil gambar untuk jaringan wan

    Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT. Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.

    3. Berdasarkan Peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data
    • Jaringan Client-Server

    Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan komputer Server maupun menjadi komputer Client dan diubah-ubah melalui Software jaringan pada protokolnya.Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan  komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client
    • Jaringan Peer-to-peer

    Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.
    Hasil gambar untuk jaringan peer to peer


     4. Berdasarkan media transmisi data
    • Jaringan Berkabel (Wired Network)

    Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan.Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
    Hasil gambar untuk jaringan berkabel

    • Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

    Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang  elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan. 
    Hasil gambar untuk jaringan wireless










    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Cara Mengkonfigurasi Remote Server

    Cara Instalasi File Server (File Server Resource Manager)

    Cara Menkonfigurasikan FTP Server