Keberagaman Komunikasi

Hallo Teman-teman . Saya akan memperkenalkan Materi-materi TKJ yang saya pelajari di sekolah . Yuk disimak.

 Keberagaman Komunikasi dibagi menjadi 4 yaitu :
        

1. Komunikasi Audio

Komunikasi Audio adalah suatu bentuk komunikasi yang dilakukan dan terjadinya melalui media audio (Suara).Contoh dari komunikasi audio diantaranya yaitu telepon,Radio,dsb

  • Macam-Macam Audio Pada Komunikasi Data
  1. Audio visual Perangkat sound sistem yang dilengkapi dengan penampilan gambar, biasanya digunakan untuk presentasi, home theater, dan sebagainya.
  2. Audio Streaming istilah yang dipergunakan untuk mendengarkan siaran secara live melalui Internet. Berbeda dengan cara lain, yakni mendownload file dan menjalankannya di komputer kita
    bila downloadnya sudah selesai,dengan streaming kita dapat mendengarnya langsung tanpa perlu mendownloadnya file nya sekaligus.ada macam-macam audio streaming misalnya Winamp (MP3),Real audio (ram) dan Liquid Radio
  3. Audio response Suara yang dihasilkan oleh komputer. Output pembicaraan yang dihasilkan komputer untuk menanggapi input jenis khusus, misalnya permintaan nomor telepon.
  4. Audio Oscillator Merupakan produk dari perusahaan Hewlett Packard yang pertama. Produk ini digunakan oleh Walt Disney Studios dalam pembuatan filmnya yang berjudul Fantasia.
  5. Audio Modem Riser Sebuah kartu plugin untuk motherboard Intel yang memuat sirkuit audio dan atau sirkuit modem. AMR memuat fungsi-fungsi analog (kode-kode) yang diperlukan untuk operasi modem  dan atau audio
  • Perangkat Audio Pada Komunikasi Data
  1. Audio Controller : melakukan fungsi kontrol terhadap pengaruh akustik yang tidak dikehendaki dari speaker terhadap mikropon seperti suara mencuit, echo dan lain-lain.
  2. Mikropon & Speaker : merupakan perangkat input/output dalam sistem audio Sedangkan komunikasi audio adalah komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan lambang verbal atau bahasa yang disampaikan secara lisan.
  3. Audio CODEC : melakukan fungsi kompresi sinyal audio untuk penghematan bandwidth



2.Komunikasi Video

Komunikasi Video adalah suatu bentuk komunikasi yang dilakukan dan terjadi melalui media Video (Visual atau gambar).Contoh dari komunikasi video diantaranya yaitu Videotron (Iklan) yang ditampilkan di Jalan pada kota-kota


  • Macam-macam Video pada Komunikasi Video
1.Video IP adalah sebuah video yang dilewatkan melalui IP. Ada 3 kategori pada saat mereka dipancarkan pada publik baik melewati satelit, melalui kabel, dan melalui IP atau format radio analog. Berikut adalah 3 kategori dalam Video IP
  •  Kategori Pertama
 Kategori pertama adalah memancarkan video dari satu sumber ke berbagai tujuan. Pemancaran seperti ini terjadwal sedangkan pemancaran lewat IP multicast kepada pengguna jaringan bisa secara langsung atau rekaman.
  •  Kategori Kedua
 Kotegori yang kedua adalah video berdasarkan permintaan sehingga hanya satu user saja yang ingin melihat transmisi file video yang disimpan didalam IP unicast. Video ini sebelumnya direkam dan disimpan ke dalam server sehingga jika ada permintaan video tersebut bisa diputar.
  •  Kategori Ketiga
 Kategori Ketiga adalah sebuah konferensi video interaktif yang bisa berlangsung antara 2 atau lebih pengguna.
2.Videotex adalah sebuah istilah yang dibuat ITU untuk menjelaskan peralatan TV yang digunakan untuk menampilkan data berbasis komputer, baik lewat telepon atau kanal pemancar.
3.VideoOut sebuah fitur yang ada pada perangkat keras yang bisa menghubungkan kamera ke video in port pada televisi atau monitordan menampilkan citra digital dilayar video.
4.Video RAM atau biasa disingkat dengan VRAM adalah tipe spesial dari DRAM yang memungkinkan akses direct hight speed memory melalui sirkuit video.
5.Video Text adalah suatu kemampuan untuk mengirimkan dan juga mentransmisikan secara 2 arah dari suatu gambar atau suara.
3.Komunikasi Audio dan Video 

Komunikasi Audio dan Video adalah suatu bentuk komunikasi yang dilakukan dan terjadi melalui 2 media yaitu Audio dan Video. Contoh dari komunikasi audio dan video diantaranya yaitu Video call dan Televisi.

4.Komunikasi Data

Komunikasi Data adalah Suatu bentuk Komunikasi yang membutuhkan 2 perangkat atau lebih yang proses pengiriman/pengiriman data menggunakan kode biner dan melalui media transmisi agar kedua perangkat tersebut bisa saling terhubung.contoh komunikasi data adalah interworking pada komputer

Beberapa komponen-komponen Komunikasi Data,yaitu :

  • Pengirim : Suatu perangkat yang mengirimkan data
  • Penerima : Suatu perangkat yang menerima data
  • Data : Sebuah informasi yang dipindahkan dari pengirim ke penerima
  • Media Pengiriman : Sebuah media yang digunakan untuk mengirimkan data tersebut
  • Protokol : Sebuah aturan yang fungsinya menyesuaikan atau menyelaraskan hubungan

Jenis-Jenis Komunikasi data :

  1. Terestrial : Menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya
  2. Satelit : Menggunakan satelit sebagai aksesnya
Sumber :
http://muhamadshobirinblogs.blogspot.com/2014/09/keragaman-komunikasi-data.html
http://www.teorikomputer.com/2017/08/pengertian-macam-prinsip-perangkat-dan.html
http://www.teorikomputer.com/2017/09/macam-macam-video-pada-komunikasi-video.html
 ddd

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengkonfigurasi Remote Server

Cara Instalasi File Server (File Server Resource Manager)

Cara Menkonfigurasikan FTP Server